Langsung ke Topik Utama
Banner Iklan

Keindahan Penuh Pesona Kawasan Ekowisata Petungkriyono

1 Maret 2012 oleh Redaksi   di:

Keindahan  Penuh Pesona Kawasan Ekowisata Petungkriyono

HIMPALAUNAS.COM, PEKALONGAN-  Petungkriyono merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Berlokasi di lereng Gunung Ragajambangan pada ketinggian 900-1600 meterdari permukaan laut (mdpl), daerah Petungkriyono merupakan suatu kawasan pegunungan yang sejuk dengan keragaman kemolekan dan keindahan alamsangat mempesona yang cocok untuk tempat wisata.

Dari kota Kajen (IbuKota Kabupaten Pekalongan) dan Kota Pekalongan, Petungkriyono berada di sebelah selatan dengan jarak 30 km yang dapat dicapai dengan kendaraan umummelaluiDoro. Lokasi Petungkriyono ini berada tidak jauh pula dari obyek wisata Dataran Tinggi Dieng hanya berjarak sekitar 40 km yang dapat dicapai dari kota Wonosobo dan Banjarnegara lewat jalur Sibebek-Gumelem atau Kalibening-Simego. 

Memasuki Petungkriyono, niscaya akan dihadapkan pemandanganperbukitan dengan hamparanhutan alam yang menghijau lebat. Di beberapa lokasi seperti di Desa Sokokembang dan CurugMuncar tampak pula aliran-aliran sungai jernih menyusuri lembah serta air terjun yang mencurah dari tebing-tebing perbukitan menambah kemolekan alam kawasan ini.

Ada tujuh air terjun di Petungkriyono yang sering dikunjungi wisatawan yakni Curung Muncar, Curug Banteng, Curung Lawe, Curug Kedunglumbu dan Curug Sibedug.

Petungkriyono yang melingkupi daerah seluas 5000 hektar ini dikenal kalangan “rimbawan” sebagai salah satu kawasan hutan yang tersisa di Jawa. Di kawasan hutan ini hidup beragam satwa, termasuk satwa endemik Jawa yang hampir punah seperti Elang Jawa, Owa, Surili, Macan Tutul, dan Macan Kumbang.

Selain itu, di Petungkriyono juga terdapat pula sejumlah situs peninggalan sejarah dengan daya tariknya tersendiri, seperti situs Nogopertolo dan Gedong dari masa kejayaan Mataram Hindu abad IV-XII.

Menyambangi Petungkriyono, tak hanya akan disambut oleh keasrian alamnya yang mempesona namun kita juga akan merasakan nuansa keramahan dan kebersahabatan penduduk desa yang tinggal di daerah ini.(dra)

 

Share this Sebarkan
Powered by Jaringmaya.Com