Langsung ke Topik Utama
Banner Iklan

Mengintip Proses Pembuatan Batu Akik Tradisional

25 Februari 2012 oleh Redaksi   di:

 Mengintip Proses Pembuatan Batu Akik Tradisional

HIMPALAUNAS.COM, JAKARTA - Seperti layaknya sebuah produk, batu akik juga melalui satu proses dimana bahan material mentah berubah menjadi satu produk yang disebut dengan batu akik. Proses pembuatannya adalah sama, hanya kadang ada sedikit metode pemolesan yang berbeda tergantung teknologi yang digunakan.

“Biasanya, dari bongkahan material batu yang telah dipilih, dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan,” kata seorang pemuda yang gemar mengoleksi batu akik, Zulpi Akhiruddin, di Jakarta, Sabtu (25/2).

Selanjutnya, dijelaskannya, setelah dilakukan pemotongan baru dilakukan pemolesan yang bisa dilakukan secara tradisional maupun dengan teknologi mesin, terakhir dilakukan finishing dengan menggunakan amplas dan bubuk intan.

Konon katanya untuk pembuatan akik yang memiliki kekuatan mistis tertentu, setelah dilakukan pemotongan, proses pemolesan atau penghalusan menggunakan potongan bambu, dan dilakukan dengan berpuasa (biasanya puasa mutih).Hal tersebut yang juga dilakukan oleh pria bujangan kelahiran Jakarta 25 tahun yang lalu, yang didapat dari petuah kakeknya.

“Saya sih biasa melakukannya dengan ritual itu. Dulu waktu kakek saya masih hidup, kalau mau memoles batu pake ritual itu juga,” ungkapnya serius.

Tapi untuk zaman sekarang prosestersebut sudah jarang dilakukan, karena sudah banyak jasa yang mempermudah proses pembuatan batu akik dengan menggunakan mesin dan tak perlu melakukan proses yang cukup sulit dilakukan. “sekarang cukiup datang ke pusat psar batu akik di Rawa Bening , Jakarta Timur. Di sana juga ada jasa pembuatannya,” ujarnya.

Meskipun demikian, menurutnya, masih banyak orang yang masih menggunakan cara-cara tradisional untuk memproses batu akik hingga siap jadi perhiasan berupa cincin.

“Masih banyak juga sih yang pakai cara tradisional. Sampai sekarang di daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur saja masih juga,” pungkasnya. (hen)

Share this Sebarkan
Powered by Jaringmaya.Com